Teknologi Tepat Guna untuk Kesejahteraan Rakyat

“Aceh kaya sumberdaya alam, banyak anak-anak muda Aceh yang kreatif dan inovatif. Saya yakin teknologi tepat guna mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”

-- H Muzakir Manaf --
Wakil Gubernur Aceh
Secara teknis Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Teknologi Tepat Guna selalu berorientasi pada keadaan lingkungan, geografis atau propesi kehidupan masyarakat. Teknologi yang demikian itu merupakan “barang baru” bagi masyarakat dan perlu dimanfaatkan dan diketahui oleh masyarakat tentang nilai dan kegunaannya.
Demikian dikatakan Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf. Disebutkan Wagub, Pemerintah terus mendorong agar masyarakat memanfaatkan tekonologi tepat guna untuk memenuhi kebutuhannya.
“Sebelum menggunakan TTG, terlebih dahulu kita lakukan penerapan dari TTG tersebut kepada masyarakat, dengan adanya penerapan ini di harapkan masyarakat mengerti manfaat TTG dan mampu menggunakan TTG tersebut dengan sebaik mungkin,” katanya.
Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan.
“Teknologi-teknologi tersebut, tekniknya cukup sederhana dan mampu untuk dipelihara dan didukung oleh keterampilan setempat. Biaya investasinya juga relatif murah,” imbuh pria yang akrab disapa Mualem ini.
Penerapan TTG, jelas Wagub merupakan sebuah usaha pembaharuan. Meskipun pembaharuan itu tidak mencolok dan masih dalam jangkauan masyarakat, tetapi harus diserasikan dengan keadaan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat serta alam. “Kalau tidak, maka usaha pembaharuan itu akan mendapat hambatan,”ujarnya.
Usaha pembaharuan itu dirancang sedemikan rupa sehingga seluruh masyarakat merasa bahwa pembaharuan adalah prakarsa mereka sendiri. Berarti di dalam pembaharuan teknologi itu, terdapat minat dan semangat dalam masyarakat tersebut. Dengan demikian manfaat dari teknologi tepat guna, dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. tersebut.
“Aceh kaya sumberdaya alam, banyak masyarakat yang kreatif dan saya yakin teknologi tepat guna mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Wagub.
Muzakir Manaf berharap, teknologi tepat guna yang dirancang oleh masyarakat agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. [ridha]
Dimuat di edisi cetak - TABLOID TABANGUN ACEH - EDISI 51 | OKTOBER 2015

Post a Comment

0 Comments