Menuju Kota Madani

Iskandar
Kepala Bappeda Kota Banda Aceh
SESUAI dengan visi dan misi Kota Banda Aceh, yaitu membangun Kota Banda Aceh sebagai Kota Madani, tentunya program pembangunan Kota Banda Aceh memprioritaskan program-program penerapan syariat Islam secara kaffah. Dan ini diimplementasikan dalam berbagai program dan kegiatan.

Di antaranya membangun infrastruktur yang mendukung penerapan syariat Islam dan menciptakan tata kelola pemerintah yang syar’i.

Sebagai kota dagang dan jasa, Banda Aceh memprioritas peningkatan ekonomi masyarakat melalui aneka pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga target penurunan angka kemiskinan di Banda Aceh untuk tahun 2017 nanti bisa terealisasi menjadi angka 7,5%. Dan pertumbuhan ekonomi meningkat hingga 6% dari angka saat ini yaitu 5,10%.

Salah satu program utama juga untuk peningkatan ekonomi masyarakat kecil adalah dengan meluncurkan program peminjaman tanpa bunga yang diberi nama Qadimul Hasan. Ini diberikan untuk membantu warga mengembangkan usaha mereka.

Pemberdayaan ekonomi lainnya juga diimplementasikan melalui dana desa. Jumlah anggaran dana desa yang besar, diperuntukkan salah satunya dalah untuk pemberdayaan ekonomi khususnya bagi perempuan.

Banda Aceh juga memprioritaskan program-program peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan dan peningkatan peran pemuda dan perempuan di ranah publik.[yayan]

Post a Comment

0 Comments